Sistem Pencoblosan Pilkades Segera Digodok

Sistem Pencoblosan Pilkades Segera Digodok

48
0
BERBAGI

KARAWANG – Pasca digeruduknya Kantor Pemda Karawang oleh 67 Kepala Desa (Kades) yang menuntut Pikades diselenggarakan tahun 2018 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) akan melakukan rapat lanjutan, Besok Kamis (15/3) guna menentukan sistem pencoblosan.

Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa, DPMD Karawang, H Eko Mubarok mengatakan, dirinya belum bisa berkata banyak, karena semua Kades yang habis masa jabatannya akan diundang ke Pemda Karawnag untuk membahas bersama perihal teknis pelaksanaan Pilkades tahun 2018.

“Kita akan diawali dengan surat yang dibuat hari ini kepada kepala desa. Kita menunggu jalannya keputusan ibu bupati. Secara teknis kami siap menyelenggarakan Pilades 2018 ini,” ujarnya kepada Karawang Bekasi Ekspres, kemarin (13/3).

Disinggung sistem pencoblosan apakah masih menggunakan cara lama dengan contreng atau e-Voting sistem baru (pemilihan elektronik), Eko masih belum bisa menjawabnya. Karena masih menunggu hasi keputusan rapat yang akan digelar besok kamis.

“Masih belum bisa ditentukan sistemnya. Karena menunggu hasil keputusan Ibu Bupati (Cellica Nurrachadiana, Red) dan hasil dari rapat nanti dengan 67 Kades, perwakilan APDES, dan tim Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Karawang,” terangnya.

Menurutnya berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), tata cara pelaksanaan Pilkades masih menggunakan sistem yang lama dan belum diubah. Juga kota-kota lainnya seperti Bogor menggunakan e-Voting, baru sekadar wacana dan belum dapat dipastikan.

“Jika pakai sistem e-Voting juga terkendala dengan sarananya apakah seperti finger print atau tidak. Dan saya rasa masih banyak kendalanya, masih jauh untuk sampai ke arah sana,” tukasnya. (gie/rez)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY