Kandungan Sehat Dimulai dari Makanan Sehat dan Bergizi

Kandungan Sehat Dimulai dari Makanan Sehat dan Bergizi

71
0
BERBAGI

 RS IBU DAN ANAK SENTUL CIKAMPEK

Kehamilan merupakan salah satu momen yang paling ditunggu tunggu. Selama hamil, makanan dan stamina bunda harus selalu terjaga. Kebutuhan energi, protein, vitamin, dan mineral bunda pun akan meningkat diatas normal. Mineral makro yang sangat diperlukan oleh bunda yaitu kalsium dan besi. Kalsium diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi janin atau bayi, sedangkan besi terutama untuk pembentukan sel darah merah. Peningkatan kebutuhan energi pada kehamilan diperlukan untuk pertumbuhan janin dan perkembangan rahim. Sehingga pada saat bunda sedang dalam masa kehamilan, urusan makanan pun harus diatur-atur agar kebutuhan energi bunda dan janin dapat tercukupi. Selain Asupan yang harus selalu diperhatikan, bunda harus cek kandungan rutin ke dokter kandungan kepercayaan bunda.

Makanan yang bergizi memang sangat penting untuk ibu hamil, karena itu  RSIA Sentul Cikampek ingin berbagi pilihan menu bagi bunda yang sedang mengandung. Asupan sehat sangat berpengaruh terhadap kesehatan bunda dan janin. Makanan yang bunda konsumsi harus mengandung gizi yang seimbang, artinya makanan yang dikonsumsi harus dapat memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan baik dari segi jenis, kualitas dan kuantitasnya. Oleh karena itu, walaupun makannya banyak namun jenis makanannya tak bergizi maka tidak akan membantu kesehatan yang optimal.

Untuk jenis makanan, bunda dianjurkan mengonsumsi 10% kalori  dari protein, 35% kalori dari lemak, dan 55% sumber kalori lainnya dari karbohidrat. Ada 2 fakta penting untuk bunda, yaitu bunda sebaiknya menerapkan pola makan yang lebih sehat, bukan lebih banyak serta variasikan menu sehat bunda agar mendapatkan semua manfaat baik dari kandungan nutrisi makanan.

Lalu apa saja nih bun makanan sehat yang baik untuk bunda konsumsi guna perkembangan calon buah hati ?

 

Berbagai pilihan makanan sehat untuk ibu hamil

  •  Pisang

Pisang baik dikonsumsi oleh bunda pada timester pertama kehamilan karena dapat mengurangi mualyang biasanya dialami bunda-bunda yang sedang mengalami kehamilan muda. Pisang merupakan sumber vitamin B6 yang cukup tinggi, selain itu pisang juga mengandung serat, vitamin C, asam folat dan potasium.

  • Alpukat

Makanan sehat untuk bunda selanjutnya adalah alpukat yang merupakan buah yang tidak biasa karena mengandung asam lemak tak jenuh, juga tinggi lemak, vitamin B, vitamin K, vitamin E, potasium, dan vitamin C. Karena kandungan lemak sehat yang tinggi, folat, dan potasium, alpukat bisa menjadi pilihan tepat untuk bunda. Lemak yang sehat membantu membangun kulit, otak, serta jaringan janin, dan folat bisa membantu mencegah cacat tabung saraf. Potasium bisa meredakan kram kaki, yang menjadi efek samping kehamilan bagi beberapa wanita.

  • Buah Kering

Buah kering mengandung kalori, serat, dan berbagai vitamin serta mineral yang tinggi. Satu buah kering mengandung jumlah nutrisi yang sama seperti buah segar, meski tanpa kandungan air dan bentuk yang lebih kecil. Kurma memiliki kandungan serat yang tinggi, potasium, dan zat besi. Konsumsi kurma secara teratur di trimester ketiga kehamilan membantu membuka serviks dan menurunkan risiko induksi persalinan. Tapi buah kering juga mengandung jumlah gula alami. Meski buah kering bisa membantu meningkatkan asupan kalori dan nutrisi, umumnya tidak dianjurkan mengonsumsi lebih dari satu sajian setiap kali makan.

  •  Makanan dan minuman berbahan dasar susu

Makanan sehat untuk ibu hamil selanjutnya adalah makanan atau minuman yang terbuat dari susu. Produk susu, terutama yogurt,  merupakan pilihan tepat bagi bunda yang sedang hamil. Bunda juga bisa mengonsumsi susu dan keju secara rutin. Susu bisa membantu memenuhi kebutuhan protein dan kalsium untuk bunda dan janin, sedangkan produk susu probiotik seperti yogurt bisa membantu mengurangi risiko komplikasi selama kehamilan.

  • Kacang-kacangan

Kacang kedelai, kacang tanah, buncis, dan kacang polong adalah jenis kacang-kacangan yang bisa dijadikan sumber asam folat, serat, protein, zat besi, dan kalsium yang diperlukan bunda selama kehamilan.

Nutrisi-nutrisi tersebut sangat penting bagi kesehatan bunda serta janin terutama pada trimester pertama. Asam folat, protein, dan kalsium dapat mencegah risiko beberapa kondisi cacat lahir dan penyakit pada bayi ketika lahir.

  • Ubi

Ubi merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin A yang baik untuk bunda konsumsi. Nah, vitamin A sangat penting untuk pertumbuhan sel dan jaringan pada janin. Saat hamil, umumnya bunda disarankan untuk meningkatkan asupan vitamin A sebesar 10 sampai 40 persen dari kebutuhan sehari-hari. Vitamin A pada sayuran dan umbi-umbian penting untuk pertumbuhan dan perkembangan sel pada janin yang sedang tumbuh.

  • Ikan salmon

Ikan salmon merupakan sumber vitamin hewani yang wajib dijadikan makanan sehat untuk bunda. Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 penting seperti EPA dan DHA, yang penting untuk perkembangan otak dan mata pada janin yang sedang tumbuh. Salmon juga merupakan sumber alami vitamin D yang baik untuk bunda dan janin.

Namun, bunda harus mengonsumsi salmon yang sudah dimasak sampai matang. Jangan mengonsumsi salmon mentah, seperti pada sushi atau sashimi. Daging ikan yang belum matang berisiko terkontaminasi berbagai jenis bakteri yang membahayakan pertumbuhan janin.

  • Telur

Telur merupakan makanan sehat untuk bunda yang bergizi dan mudah untuk didapatkan. Telur bagus untuk meningkatkan asupan gizi secara keseluruhan. Selain itu, di dalam telur juga terdapat kolin, yaitu nutrisi penting untuk kesehatan otak dan perkembangan janin.

 Brokoli dan sayuran hijau lainnya

Brokoli dan sayuran berdaun hijau, biasanya banyak mengandung sebagian besar nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Sumber makanan tersebut juga mengandung serat yang dapat membantu mencegah atau mengobati sembelit.

Nutrisi yang terkandung pada sayuran antara lain seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium. Perlu diketahui juga kalau brokoli dan sayuran hijau mengandung antioksidan yang bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh dan pencernaan.

  • Daging

Daging sapi, daging ikan, dan daging ayam merupakan sumber protein yang berkualitas tinggi. Selain itu, dalam daging terdapat kandungan zat besi sebagai mineral penting yang digunakan oleh sel darah merah. Sel darah merah berperan penting untuk mengantarkan oksigen ke semua sel dalam tubuh.

Selama masa kehamilan, bunda membutuhkan lebih banyak zat besi, karena volume darah mereka juga meningkat selama kehamilan, terlebih di trimester ketiga. Namun, daging bisa jadi makanan sehat untuk bunda jika sudah dimasak sampai benar-benar matang dan dengan cara yang higienis.

  • Konsumsi air putih

Airmerupakan salah satu hal yang harus banyak dikonsusmi selama hamil. Pasalnya, volume darah bunda akan meningkat hingga 1,5 liter. Oleh karena itu, penting untuk tetap menjaga keseimbangan cairan tubuh dengan baik.

Gejala dehidrasi ringan pada ibu hamil meliputi sakit kepala, gelisah, kelelahan, suasana hati jadi kacau, dan jadi cepat lupa. Minum air putih yang cukup terbilang penting, karena volume darah meningkat selama kehamilan. Minum air yang cukup juga dapat membantu mencegah sembelit dan infeksi saluran kemih selama hamil.

Itulah makanan sehat dan bergizi yang bisa bunda konsumsi mulai dari kehamilan trimester pertama, trimester kedua, hingga trimester ketiga. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua. Dan jangan lupa bagi bunda yang sedang dalam masa kehamilan untuk selalu memeriksakan kandungan bunda secara berkala ke RSIA Sentul Cikampek. (die-ola-gizi/mkt-rsiasc)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY