Membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan Cuci Tangan Pakai Sabun

Membiasakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan Cuci Tangan Pakai Sabun

68
0
Kegiatan Cuci Tangan Bersama di SDN Cikampek Selatan.
BERBAGI

RS IBU DAN ANAK SENTUL CIKAMPEK

Tubuh yang sehat dan bersih merupakan keinginan bagi setiap individu di dalam menjalan kan kehidupannya. Karena setiap kegiatan dan aktivitas yang dilakukan akan berjalan optimal dan sesuai dengan yang diharapkan, jika tubuh kita sehat. Akan tetapi, kita kadang melupakan sesuatu yang kita anggap sepele tetapi berakibat fatal, yang mungkin saja bisa mengganggu aktifitas kita sehari-hari. Salah satu masalah yang sering terlupakan adalah masalah kesehatan.

Kita menyadari bahwa, kesehatan merupakan salah satu aspek terpenting yang harus kita miliki di dalam  menjalankan  roda kehidupan. Kita bisa menikmati hidup dengan nyaman dan santai jika tubuh yang kita miliki dalam keadaan sehat. Namun untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kita perlu menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Hal ini perlu kita lakukan mengingat banyak orang yang dalam menjaga kebersihan dan kesehatan diri masih saja ada yang lalai. Padahal, suatu hal yang berawal dari kelalaian, baik kecil atau besar akan berdampak bagi diri sendiri

Manfaat perilaku Hidup Bersih & Sehat

Salah satu Perilaku Hidup Bersih dan Sehat adalah cuci tangan pakai sabun. Kenapa di mulai dari cuci tangan? Tangan merupakan pembawa utama kuman penyakit. Oleh karena itu, sangat penting untuk diketahui dan di ingat bahwa perilaku cuci tangan pakai sabun merupakan perilaku sehat yang sangat efektif untuk mencegah penyebaran berbagai penyakit menular seperti diare, kecacingan pada anak, bahkan Flu Burung.

 

Cuci tangan merupakan salah satu perilaku hidup sehat yang pasti sudah dikenal dan sederhan dan sering diperkenalkan sejak kita masih kecil, baik oleh orang tua di rumah maupun di sekolah saat masih mengenyam pendidikan di Taman Kanak-Kanak sampai tamat Sekolah Dasar. Namun,kenyataannya perilaku ini belum menjadi budaya di kalangan masyarakat dan terkadang dilupakan.

 

Padahal mencuci tangan dengan menggunakan sabun sangat penting. Mengapa? Karena sabun sangat membantu menghilangkan kuman yang tidak tampak seperti minyak dan lemak, serta kotoran di permukaan kulit. Selain itu, dengan mencuci tangan pakai sabun dapat membuat tangan menjadi wangi, bersih dan segar. Namun, hal ini seperti ini tidak akan kita dapatkan jika hanya mencuci tangan dengan air saja.

 

Mengajarkan Cuci Tangan Yang Baik dan Benar Pada Anak Sejak Dini.

Membiasakan hidup bersih dan sehat pada anak-anak memang tidak mudah, diperlukan kesabaran dan ketelatenan. Untuk itu, kebiasaan hidup bersih dan sehat perlu di ajarkan sedini mungkin. Hal ini perlu dilakukan agar anak-anak terbiasa dengan kebiasaan demikian, sehingga nantinya akan terbawa sampai dewasa bahkan akan diajarkan kembali pada keturunan mereka.

Gambar 2. Kegiatan Cuci Tangan Bersama di Yayasan Al-Murtadlo.

Salah satu perilaku hidup bersih dan sehat yang perlu diajarkan sedini mungkin adalah perilaku sehat cuci tangan pakai sabun. Kebiasaan mencuci tangan perlu dibudayakan sejak masa kanak-kanak. Tujuannya agar kebiasaan baik ini dibawa terus oleh anak-anak dan secara tidak langsung akan berdampak pada kesehatan seseorang. Oleh karena itu, dalam rumah tangga juga pendidikan kesehatan itu perlu diajarkan.

Mencuci tangan pakai sabun saja masih belum di anggap cukup jika tidak memahami dan mengikuti langkah-langkahnya dengan baik dan benar. Adapun langkah-langkah mencuci tangan dengan baik dan benar adalah sebagai berikut, pertama basuh tangan dengan air, selanjutnya gunakan sabun, ratakan sabun ke seluruh permukaan tangan, gosok punggung tangan dan sela-sela jari, gosok telapak tangan dan sela-sela jari, gosok jari dengan saling mengunci, gosok ibu jari berputar, gosok ujung-ujung jari memutar di telapak tangan, bilas dengan air hingga bersih, dan lap tangan hingga bersih.

Melalui kegiatan PHBS (Perilaku Hidup Bersih & Sehat) yang ditanamkan sejak dini, kami berharap agar anak-anak bisa menerapkan kebiasaan ini di lingkup sosial yang kecil seperti pada keluarga mereka atau pun di lingkup yang lebih luas lagi yaitu masyarakat.

Jadi… tunggu apalagi, mulailah untuk mengajarkan kegiatan sederhana pada anak anda seperti perilaku hidup bersih dan sehat dengan membiasakan perilaku sehat cuci tangan pakai sabun setiap saat, baik sebelum atau setelah melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu, secara tidak langsung kita telah membudayakan perilaku cuci tangan pakai sabun. (die*/wan-ppi-rsiasc)

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY